Rabu, 03 Maret 2010

HADITS TENTANG IMAN

1. Rasulullah bersabda: “Iman itu, ialah engkau iman percaya dengan yakin kepada Allah, kepada malaikat-malaikatNya, kepada kitab-kitabNya, kepada utusan-utusanNya, kepada hari akhir (akan dibangkitkan dari kubur) dan yakin kepada taqdir (ketetapan Allah), taqdir yang baik maupun buruk” (Muslim dari Umar)

2. Rasulullah bersabda: “Seutama-utama amal, ialah beriman kepada Allah dan rasulNya” (Bukhori)

3. Rasulullah bersabda: “Tiga perkara, barangsiapa terdapat padanya yang tiga perkara itu, terasalah olehnya kemanisan Iman :
1. mencintai Allah dan rasul-Nya, lebih dari mencintai segala yang lain
2. mencintai seseorang semata-mata karena Allah
3. benci kembali kepada kufur, serupa dengan benci dicampakkannya ke dalam api yang bernyala-nyala (Bukhori dan Muslim)

4. Rasulullah bersabda: “Orang yang paling bahagia dengan syafaatku di hari kiamat adalah yang mengucapkan Laailaahaillallahu dengan ikhlas dari dalam hatinya” (Bukhori)

5. Rasul bersabda: Allah berfirman: “Jika hambaKu mengingatKu di dalam dirinya, maka Akupun akan mengingatnya di dalam diriKu (Bukhori dan Muslim)

6. Rasulullah SAW: Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak menerima amal perbuatan tanpa iman” (Atthabrani)

7. Sabda Rasulullah SAW: “Seorang mukmin bukanlah pengumpat atau suka mengutuk, tidak keji serta ucapannya tidak kotor” (Bukhori)

8. Abu Hurairah r.a.: Sabda Rasulullah: Allah berfirman: “Apabila hambaKu mengingatKu dalam dirinya, maka Akupun akan mengingatnya dalam diriKu” (Muslim)

9. Rasulullah bersabda: “Orang mu’min itu adalah menjadi saudara sesama mu’min, karena itu janganlah meninggalkan memberi nasehat dalam segala hal” (Ibn Najjar)

10. Rasulullah bersabda: “Orang mukmin yang paling utama (baik) ialah orang yang memudahkan penjualan, memudahkan pembelian, memudahkan membayar hutang, dan memudahkan memberikan pinjaman” (Thabrani)

11. Rasulullah bersabda: “Warisan bagi Allah Azza wajalla dari hambaNya yang beriman adalah putera-puteri yang sholeh (beriman padaNya)” (Aththahawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar